Jumat, 26 Februari 2010

BAGAIMANA BELAJAR YANG EFEKTIF ITU?

Mungkin kamu sering menemui berbagai macam kendala saat kamu belajar sehingga belajarmu menjadi kurang efektif.Coba baca tips berikut supaya belajarmu menjadi lebih nyaman dan kerasan.

1 ) Usahakan badan dalam keadaan fresh,dengan begitu bisa membuat pikiran kamu juga lebih fresh.Sebagai contoh : mandi,cuci muka dan memakai parfum bisa membuat badan menjadi lebih fresh.

2 ) Mencari suasana yang paling nyaman,bisa di taman,di tempat" sepi,di kamar dengan diiringi alunan musik yang bisa membantu kamu menjadi betah.

3 ) Buat catatan" kecil terhadap apa yang kamu temui.Ini akan membantu mengingat dan sekaligus memudahkan bila ingin mengulang lagi.Mungkin juga ada hal" yang tidak dimengerti atau pertanyaan" yang muncul saat membaca,dengan catatan itu bisa kamu tanyakan pada teman atau guru tanpa harus mengingatnya.

4 ) Susunlah hubungan" yang terjadi dari catatan" kecil tersebut.Buatlah semacam kerangka yang menjelaskan dari awal hingga akhir.Ini membantu untuk mengerti apa yang sebenarnya atau memahami pelajaran yang dipelajari,dengan demikian otak kamu terlatih untuk menganalisis sebuah permasalahan dan menemukan bagaimana solusinya.

5 ) Hindari SKS (Sistem Kebut Semalam).Ini akan membuat badan kamu meriang dan sakit.Otak manusia itu punya batas,tidak bisa dipaksakan untuk bekerja terus-menerus dan sekaligus.

6 ) Istirahatkan otak sejenak saat terasa jenuh,istirahatkan juga pandangan mata,kendorkan otot" tubuh,setelah itu baru mulai lagi.

7 ) Buatlah kesimpulan pada setiap akhir kegiatan belajar.Dengan demikian kamu akan mendapatkan inti dari keseluruhan dari apa yang telah dipelajari.

8 ) Belajar secara kontinyu,biasakanlah menganggap belajar sebagai sebuah kebutuhan.Di samping jadi smart,hal ini akan melatih otak untuk kritis dan cepat memahami hal" baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar